Rabu, 05 Desember 2012

MANFAAT DALAM MENGIKUTI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUBLIK


Perkembangan sistem informasi manajemen telah menyebabkan terjadinya perubahan yang cukup signifikan dalam pola pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajemen baik pada tingkat operasional (pelaksana teknis)  maupun pimpinan pada semua jenjang. Perkembangan ini juga telah menyebabkan perubahan-perubahan peran dari para manajer dalam pengambilan keputusan, mereka dituntut untuk selalu dapat memperoleh informasi yang paling akurat dan terkini yang dapat digunakannya dalam proses pengambilan keputusan.Meningkatnya penggunaan teknologi informasi, khususnya internet, telah membawa setiap orang dapat melaksanakan berbagai aktivitas dengan lebih akurat, berkualitas, dan tepat waktu. Setiap organisasi dapat memanfaatkan internet dan jaringan teknologi informasi untuk menjalankan berbagai aktivitasnya secara elektronis seperti terlihat pada Para manajer di berbagai organisasi juga diharapkan dapat dengan lebih mudah untuk menganalisis kinerjanya secara konstan dan konsisten dengan pemanfaatan teknologi informasi yang tersedia.
Dalam penulisan sistem informasi manajemen ini, topik-topik yang dibahas antara lain berkenaan dengan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi dikaitkan dengan pentingnya atau bantuannya dalam proses pengambilan keputusan manajemen. Selain itu dibahas pula mengenai perkembangan dari sistem informasi manajemen, tahap-tahap pengembangan sistem, dan peran penting dari sistem pendukung untuk pengambilan keputusan. Pada bagian akhir modul ini juga akan dibahas mengenai bagaimana sistem pengamanan dan pengendalian dalam pemanfaatan teknologi informasi di dalam sistem informasi manajemen. Sebagai tambahan, juga dibahas mengenai dampak atau pengaruh etika dan sosial dari sistem informasi.
Pembahasan penulisan sistem informasi manajemen ini menggunakan pendekatan bagaimana penerapannya pada sektor publik, hal ini sejalan dengan sasaran pengguna modul diklat ini yaitu para pegawai di lingkungan instansi pemerintahan. Dan untuk lebih mendukung dan memperkaya pembahasan modul ini, pada bagian akhir modul ini dilampirkan kebijakan pemerintah khususnya Inpres No.1 Tahun 2006 tentang Pengembangan Pendayagunaan Telematika di Indonesia dan Inpres No.3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government. Dengan adanya fenomena itulah yang menjadi landasan penulis untuk menelaah fungsi perangkat keras dalm system informasi manajemen informasi.
Manfaat mengikuti kelas MSIP
Mengetahui Pengertian Sistem Komputer dan Perangakat Keras
Dapat mendefinisi Perangkat Keras dan Macam-macam komponen
Mengetahuui fungsi perangkat dalam system manajemen informasi
Mengetahui  perkembangan  IT dalam Sistem informasi sector publik
Tujuan dalam mengikuti kelas MSIP
Tulisan ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan umum kepada para Mahasiswa tentang materi sistem informasi manajemen. Dengan mempelajari isi tulisan ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dasar mengenai sistem informasi manajemen dan memahami peran sistem informasi manajemen dalam proses pengambilan keputusan. Di samping itu, pemahaman yang memadai akan materi sistem informasi manajemen merupakan langkah awal, khususnya bagai auditor,untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamannya mengenai audit atas sistem informasi. Dengan mempelajari  tulisan ini diharapkan para mahasiswa:
1. memiliki satu pengertian tentang sistem informasi manajemen dan kemampuan dasar dari sistem tersebut.
2. mampu menjelaskan arti penting dari sistem pendukung yang digunakan untuk mempertajam kualitas pengambilan keputusan,mampu menguraikan dan menjabarkan model-model sistem pendukung yang umum.
3. mampu menjelaskan pendekatan dan model yang digunakan dalam pengembangan sistem informasi, mampu menguraikan dan menjabarkan proses pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak untuk merancang sistem informasi, dan memahami jangka waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem informasi;
4. mampu menjelaskan berbagai risiko khususnya terkait dengan kerentanan dan gangguan teknologi informasi dalam sistem informasi dan mampu menguraikan unsur-unsur pengendalian dalam sistem informasi untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya bencana (disaster), kesalahan (errors), interupsi pelayanan dan kejahatan terhadap pemanfaatan komputer; dan
5. mampu menjelaskan mengenai dampak perkembangan dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap etika dan lingkungan sosial masyarakat pengguna, memahami bagaimana etika berhubungan dengan sistem informasi dan mengenali peran etika dalam organisasi dan perlunya penerapan budaya etika.
SUMBER: http://blog.ub.ac.id/putrautama/2012/10/21/manfaat-dalam-mengikuti-sistem-informasi-manajemen-publik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar