Rabu, 05 Desember 2012

Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan


Perpustakaan mempunyai arti penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan kemajuan ilmu pengetahuan mempunyai korelasi positif pada tingkat kemajuan bangsa. Perpustakaan memiliki berbagai layanan yang disediakan, namun yang paling penting adalah peminjaman koleksi perpustakaan pada anggotanya. Pada saat anggota ingin melakukan peminjaman dan atau pencarian atas koleksi yang mereka inginkan, maka akan terlihat pentingnya manajemen perpustakaan yang baik.
Saat ini pemanfaatan teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas manajemen perpustakaan. Peningkatan kualitas manajemen ini, pada gilirannya akan meningkatkan pula mutu pelayanan perpustakaan pada anggotanya. Implementasi teknologi internet memungkinkan proses pencarian koleksi dapat dilakukan secara online melalui sebuah web portal (katalog online), sekaligus melakukan pemesanan untuk meminjam koleksi yang diinginkan. Penggunaan software aplikasi juga dapat diterapkan untuk mengelola database koleksi serta proses sirkulasi peminjaman/pengembalian koleksi di perpustakaan.
Berkaitan dengan hal tersebut, dengan pengalaman pengembangan sistem dan teknologi informasi, Enigma mengembangkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) Perpustakaan yang meliputi seluruh aspek pengelolaan kepustakaan. SIM Perpustakaan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu manajemen dan pengelolaan perpustakaan, sehingga memudahkan pengelola dan anggota untuk menggunakan layanan perpustakaan.

Rancangan Fitur
A. Portal Perpustakaan
Portal merupakan sistem online yang digunakan untuk menyediakan layanan perpustakaan sehingga dapat diakses melalui internet. Web portal berfungsi sebagai penyedia one stop service untuk layanan kepustakaan yang meliputi informasi koleksi, pencarian koleksi serta fasilitas download koleksi digital.
Fitur:
- Profil Perpustakaan
- Berita & Agenda
- Katalog Online
- Simple Search
- Advanced Search
- Member Management System
- Pemesanan peminjaman koleksi perpustakaan
- Upload/Download koleksi digital
- Administrasi Sistem
B. Sistem Manajemen Perpustakaan
Manajemen Perpustakaan merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola administrasi perpusatakaan (keanggotaan & koleksi) serta aktifitas sirkulasi peminjaman koleksi pustaka.
Fitur:
- Pengelolaan Data Anggota
- Pengelolaan Data Koleksi
- Pengolahan Koleksi Pustaka
- Sirkulasi
- Rekapitulasi
- Barcode support
- Administrasi Sistem

Keunggulan
SIM Perpustakaan yang dikembangkan Enigma memiliki keunggulan sistem yang akan memberikan keuntungan dalam implementasinya sebagai berikut :
- Berbasis Web
Aplikasi-aplikasidikembangkan dengan teknologi web yang akan memudahkan implementasi dan integrasi system untuk banyak unit dengan lokasi yang berbeda-beda. Kemudahan ini terletak pada instalasi dan pengembangan lebih lanjut (upgrade) sistem.
- Lisensi Enigma Open Source
Sistem yang dikembangkan Enigma berlisensi Enigma Open Source yang memberikan keleluasaan pengembangan fitur sistem secara mandiri sehingga tidak selalu tergantung pada pengembang sistem pertama.
- Keamanan sistem yang berlapis
Sistem yang dikembangkan Enigma berbasiskan CodeIgnite Framework, sehingga sudah teruji kehandalannya dan mempunyai dukungan yang luas.
- Layanan Purna Jual
Implementasi sistem informasi pendidikan ditunjang dengan beberapa opsi layanan purna jual meliputi pelatihan user, bug fixing, pemeliharaan sistem (remote atau on-site) serta pendampingan implementasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar