Rabu, 05 Desember 2012

PERKEMBANGAN KOMPUTER


Komputer telah berkembang selama lebih dari 5 dekade. Era komputer dimulai pada tahun 1950-an dan mulai mengalami perkembangan berarti pada era 1960-1970 an. Pada saat itu komputer cukup memberikan dampak signifikan terutama pada industri perbankan, asuransi,dan manufaktur terutama dari segi efisiensi operasional. Pada tahun 1970- telah muncul mini komputer (namun ukurannya tetap besar) dan diikuti oleh perkembangan sistem jaringan yang memudahkan satu komputer terkoneksi dengan komputer lainnya.Pada tahun 1981, IBM melakukan terobosan dengan mengeluarkan produk Personal Computer. Komputer kembali mengalami perkembangan setelah internet mulai sering digunakan di industri.
Perusahaan telah mengalami dan mengikuti perkembangan teknologi yang cukup kompleks. Diperkirakan banyak organisasi yang menghabiskan 70 persen dari budget IT dalam kegiatan pemeliharaan pada sistem komputer yang ada. Hanya sedikit budget tersisa yang dapat digunakan untuk pengembangan teknologi. Lebih parahnya lagi lebih dari 2/3 projek IT dilakukan dengan budget berlebih dan sering telat.
Sekarang komputer sedang mengalami perkembangan dimana perangkat ini dapat menyamai kemampuan manusia dalam berpikir. Sebagaimana yang kita ketahui, kegiatan berpikir ini hanya dapat dilakukan dengan sangat baik oleh manusia. Secara keilmuan, kegiatan ini tidak dapat dijelaskan oleh para ahli pada masa ini. Kita, sebagai manusia memiliki kemampuan untuk melihat pola dari suatu kejadian, menarik kesimpulan, dan mencari solusi dari permasalahan yang pernah atau baru dihadapi.
Saat ini sistem komputer sedang mengalami integrasi dengan perangkat lain. Komputer semakin banyak terhubung dengan berbagai perangkat di berbagai tempat. Komputer memiliki kemampuan yang semakin tinggi untuk mengenali sesuatu. Komputer sendiri memang tidak memiliki kemampuan untuk melihat, namun bila disambungkan dengan perangkat lain, komputer dapat menerima informasi relevan sehingga dapat menghasilkan, mengenali, dan memberikan informasi mengenai orang, tempat, dan hal lainnya. Semakin lama, komputer akan semakin mengungguli sebagian kemampuan manusia secara lebih efektif dan efisien.
Mungkin dalam beberapa tahun ke depan kita akan menemui robot yang dilengkapi komputer cerdas. Robot ini akan menggantikan semakin banyak kegiatan yang biasa dilakukan manusia. Dunia IT juga perlu mencermati hal ini, mungkin di masa depan budget pemeliharaan alat akan terus membengkak.
Artikel ini diadaptasi dari Fortune

Tidak ada komentar:

Posting Komentar